SOSIAL ANALISIS Dampak wabah Covid 19 terhadap pertentangan kelas di masyarakat.



Konsep masyarakat Indonesia tumbuh dari suatu proses perjalanan masa yang panjang oleh bentukan sejarah, keanekaragaman dan keseragaman tradisi, serta modernisasi untuk sampai pada keadaan seperti sekarang ini. Tentang hal itu, kajian tentang masyarakat Indonesia sudah banyak dilakukan oleh para ilmuan sosial. Pada masa kolonial ialah memperoleh pengetahuan tentang masyarakat dan kebudayaan penduduk pribumi untuk berbagai kepentingan pemerintah jajahan, sedangkan dalam mengisi kemerdekaan ini bertujuan untuk meningkatkan persatuan dan mendukung pembangunan melalui modernisasi masyarakat Indonesia.
Kehidupan sosial adalah interaksi individu, meliputi kehidupan bersama atau kedua-duanya itu merupakan kehidupan manusia, karena itu kehidupan sosial tidaklah statis, tetapi dipandang menurut prinsip pendekatan baru bahwa masyarakat itu sesuatu yang dinamis. Kehidupan sosial berlangsung didalam suatu wadah yang disebut masyarakat. Menurut konsep sistem sosial, kehidupan sosial itu harus dipandang sebagai suatu sistem yaitu sistem sosial, yakni suatu totalitas diri bagian-bagian atau unsur-unsur yang saling berhubungan, pengaruh-mempengaruhi yang berada dalam suatu kesatuan. Sudah tentu yang dimaksud dengan bagian atau unsur itu ialah unsur-unsur dari kehidupan sosial yang lazim disebut masyarakat . Apabila kehidupan sosial atau masyarakat pun dapat disebut sistem sosial. Kehidupan sosial ialah kehidupan bersama manusia, atau kesatuan manusia yang hidup bersama dalam pergaulan , sehingga kehidupan sosial menurut Firth (Komara,1998:12) di tandai oleh : (1) adanya manusia hidup bersama ; (2) manusia tersebut bergaul dan hidup bersama dalam waktu yang lama dan terjadi adaptasi dan perorganisasian perilaku yang munculnya suatu perasaan sebagai kesatuan; (3) adanya kesadaran bahwa mereka merupakan kesatuan dan akhirnya menjadi ; (4) sistem kehidupan bersama. Dalam setiap masyarakat ada sesuatu yang paling tinggi, paling berharga, paling memiliki nilai, dan nilai-nilai lainnya. Hal tersebut menjadikan masyarakat berada dalam posisi-posisi tertentu sesuai dengan hal itu. Jika suatu masyarakat menganggap tanah sebagai sesuatu paling tinggi nilainya, maka siapa siapa yang memiliki tanah yang paling banyak atau luas berarti berada pada urutan paling atas dalam masyarakat. Jika dalam masyarakat yang paling berharga adalah harta, maka siapa saja yang hartanya paling banyak berarti dia menempati urutan paling atas, demikian juga dengan yang lain-lain.
    Penghargaan masyarakat terhadap sesuatu yang dianggap paling tinggi tersebut menempatkan masyarakat itu pada posisi – posisi tertentu secara bertingkat. Kondisi ini terjadi dalam bentuk startifikasi.  Startifikasi sosial sendiri yaitu pembedaan masyarakat atau penduduk ke dalam kelas-kelas secara bertingkat. Diantaranya meliputi Ukuran kekayaan, kekuasaan, kehormatan, ilmu pengetahuan. Wabah covid 19 ini masyarakat mengalami kekhawatiran dalam kondisi ekonomi yang carut marut karena dampaknya bisa menyebakan kekacauan sosial dimana Virus ini membatasi masyarakat dalam mencari pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Pertentangan dua kelas miskin dan kaya ini selalu menyebabkan konflik sosial dimasyarakat jauh sebelum Covid 19 menjadi wabah dinegeri ini pertentangan kelas menjadi persoalan bagi pemerintah Indonesia. Sering faktor tingkatan secara startifikasi yang di golongkan dalam bentuk kekayaan menjadi dominasi terhadap masyarakat miskin, secara sosial kehidupan masyarakat menengah kebawah ini selalu dimonopoli bahkan tak jarang sering kali mengalami kesulitan. Dampak terburuk dari virus Covid 19 ini dimana pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan sosial atau bahkan yang lebih jauh yaitu lockdown yang dikhawatirkan jika pemerintah tidak tepat mebuat kebijakan ini maka akan lahir dampak kekacauan dimasyarakat yaitu chaos atau kejadian huru-hara dalam masyarakat akan timbul karena yang didasari yaitu faktor ekonomi yang dibutuhkan.     
Konflik antar kelas sosial muncul antara dua individu atau kelompok dengan starta berbeda . Seperti halnya dampak covid 19  yang akan menimbulkan pertentangan sosial bagi masyarakat kaya dan miskin apabila pemerintah tidak tepat membuat kebijakan. Jika hal ini terus dibiarkan maka revolusi sosial akan terjadi dampaknya akan meluas dimasyarakat yaitu perubahan masyarakat dimana para kelas bawah akan melakukan reformasi sosial di tengah-tengah wabah yang berlangsung. ita akan selalu belajar dari sebuah sejarah apakah pandemi global Covid 19 akan memunculkan paradigma baru mengenai keadilan sosial yang bisa mengubah tatatnan dunia baru seperti pasca Depresi besar ekonomi tahun 1929, perang dunia ke 2, bubarnya Uni soviet 1991 , dan serangan WTC 11 september 2001, bahkan menunjukan betapa rentanya sebuah negara berkembang yang masih belum mandiri dari dampak epidemi global seperti ini.
    Kondisi masyarakat yang chaos akibat dampak dari Covid 19 ini akibat dari pertengtangan kelas masyarakat kaya dan miskin dalam daruta ekonomi maka negara yang belum bisa mandiri dan memulihkan ekonominya akan mudah dijadikan alat para elite ketika sasaran ekonomi chaos negara kacau balau ini akan dijadikan kesempatan untuk masuk para kaum borjuis mengembangkan taktiknya dengan cara memberikan modal namun disisi lain menjadi rentenir secara legalitas dan formalis yang siap mnyerap keuntungan sebesar-besarnya bagi negara yang berkembang dengan sumber daya alam yang paling utama tujuannya untuk di exploitasi namun tujuannya bukan untuk rakyat akan tetapi untuk para investor asing. Inilah perwujudan konteksasi dimana kerentanan negeri yang belum sepenuhnya mandiri dan berdikari. Rakyat semakin terkena dampaknya dari pengaruh ekonomi yang hancur akibat dari wabah pandemi covid 19 bukannya kesehatan yang terancam akan tetapi secara sosial akan menimbulkan konflik dan pertengan antara dua kelompok masyarakat ini.
    Jika wabah ini semakin menjadi ancaman manusia dan menimbulkan masalah sosial bukan hanya kematian yang disebakan virus Covid 19 yang timbul dimasyarakat akan tetapi muncul sebuah Suicide yaitu dimana kondisi masyarakat terserang psikiloginya (bunuh diri) ini dikemukakan oleh pemikiran ilmiah  Emile Durkheim dimana teori  bunuh diri ini lahir diperoleh akibat bedasarkan korelasi antara integrasi dan bunuh diri. Apabila integrasi kuat , bunuh diri lemah. Sebaiknya integrasi lemah, angka bunuh diri semakin tinggi. 
     Untuk itu bagaimana sikap masyarakat dalam mengatasi pandemi cobid 19 ini yaitu tetap tenang dan ikuti selalu aturan atau kebijakan pemerintah, kuatkan lagi nilai persatuan secara sosial yaitu saling perduli dan merangkul antara masyarakat kaya dan miskin dalam bentuk harta ataupun berbagi pengetahuan tentang cara penanggulangi covid 19 supaya masyarakat tetap tenang dan jangan panik . Kuat kan integrasi antara manusia dan Tuhan dimana dalam sisi spritual perlu mendekatkan diri pada maha pencipta agar kita terhindar dari hak yang tidak diinginkan dalam bentuk perwujudan beribadah berdoa bersama-sama untuk memerkuat diri dan menanamkan jiwa spritual yang kuat pada diri masing-masing agar terciptanya benteng rohani yang percaya akan hukum Tuhan. Seperti yang dicetuskan Aguste Comte dalam teorinya 3 tahap perkembangan manusia yaitu salah satunya adalah tahap metafisik merupakan tahap transisi teologis menuju positivis . Tahap ini ditandai dengan kepercayaan terhadap hukum Tuhan yang di seimbangkan dengn fikiran manusia. Hukum Tuhan yang terjadi ditengah-tengah peradaban manusia adalah hasil dari buah manusia terhadap alam ini yaitu sering kali lalai terhadap lingkungan dimana gejala sosial menuntut manusia menjadi rakus dan perusak manusia menimbulkan konflik bukan hanya manusia antara manusia akan tetapi manusia dengan mahluk lainnya seperti hewan dan tumbuhan yang banyak kehilangan ekosistemnya akibat dari exploitasi manusia yang berlebihan dampaknya adalah kerusakan dan merugikan manusia itu sendiri yaitu terjadi sebuah bencana, salah satunya adalah bencana global covid 19 yang menyerang seluruh negara di bumi ini. Kita lihat dalam konteks al-quran bagaimana secara islami manusia sering kali merusak tanpa ia sadari yang sudah diterangkan dalam al-quran surat a-ruum yaitu

     “ Telah nampak kerusakan di darat dan dilaut disebabkan karena perbuatan tangan manusia,       supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, (agar mereka kembali kejalan yang benar). Q.S.A-Ruum ayat 41.

      Dari sini kita bisa merenungi bagaimana arti dari surat a-ruum ayat 41 ini menjelaskan kerusakan yang disebabkan oleh manusia tanpa sadar manusia ini sering kali menimbulkan masalah untuk dirinya sendiri dengan cara mengexploitasi alam yang berlebihan  sehingga terkadang teguran sang maha kuasa itu hadir lewat bencana untuk menyadarkan manusia. Di benarkan menurut teorinya Adam Smith bahwa sanya manusia bisa mnejadi serigala untuk manusia yang lainnya Homo Homini Lupus tak ubahnya predator yang siap melahap apapun sebagai mahluk omnivora sehingga dialam ini manusia yang berakal sekaligus bisa menghancurkan alam raya ini. Maka dari itu sering kali bencana muncul untuk menyadarkan manusia. Dari wabah covid 19 ini kita belajar secara sosial, spritual dan secara alamiah. Dimana secara sosial kita ini harus bisa saling menjaga sikap integrasi dalam masyarakat yaitu dengan cara saling menghormati, menolong dan menghargai tanpa memandang dari kelas mana dia berasal, dari suku mana, ras atau agama mana konsep multikulturalisme harus ditanamkan di tengah-tengah masyarakat supaya masyarakat ini semakin erat dalam hubungan sosial sehingga konflikpun akan jauh menghampiri jika masyarakat sudah kuat dalam integrasinya. Yang kedua secara spritual yaitu sebagai manusia yang beragama dan tentunya bertuhan makan tentunya kita harus senantiasa mendekatkan diri pada Tuhan yang selalu bersujud dan merenungi setiap prbuatan yang kita lakukan di setiap harinya menjadi manusia bijak yaitu dimana tau perkara baik dan buruk sehingga takut untuk membuat kesalahan dimana faktor utamanya yaitu takut atas hukum Tuhan didunia ataupun di akhirat kelak. Yang ketiga yaitu secara alamiah kita hidup dibumi ini bukan hanya manusia yang tinggal akan tetapi ada mahluk lainnya bagaimana manusia ini sebagai mahluk yang berakal akan tetapi selalu didominasi leh nafsu naulrinya ingin puas manusia tak jarang merusak lingkungan, dari hal ini kita harus belajar dibumi ini kita harus menjaga alam ini merawat ekosistem supaya tentap terjaga secara konservasi tumbuhan dan hewan kita lindungi janganlah menjadi predator yang rakus makan makanan yang secukupnya yang ada dialam ini jangan sesekali memakan hewan yang tak lazim yang justru menimbulkan wabah penyakit dan masalah bagi manusia itu sendiri. Maka tak perlu menunggu virus baru untuk membuat kita sadar telah melukai alam dengan segala keserakahan kita. Saatnya introspeksi dan mulai menghentikan produksi emisi atau mencari cara baru mengurangi lajunya, dengan keputusan politik yang mendukung inovasi yang lebih ramah terhadap alam. Tak hanya itu, setiap individu juga mesti mengubah gaya hidup. Saatnya kita lockdown  keinginan dan hanya membuat aktivitas yang mencukupi kebutuhan, seminimal mungkin. Seperti kata Mahatma Gandhi: "Bumi cukup menyediakan kebutuhan kita, tapi tak akan sanggup memenuhi keserakahan manusia."
    Ada satu queto yang harus kita refleksikan pada alamiah fikiran kita dari seorang filsup Prancis dimana kita sebagai manusia perlu bijak dalam melihat kodisi sosial dalam sikap kita berbicara ataupun bersikap lainnya, apalagi jika kondisi sosial sedang terjadi masalah seperti wabah covid 19 yang melanda masyarakat dunia ini perlunya kita tetap tenang  dan selalu menganalisis secara bijak kondisi dan situasi lingkungan disekitar tempat kita tinggal.
`
Opini bisa menimbulkan lebih banyak masalah di atas bumi dari wabah dan gempa”
_____ Voltaire

 Penulis
Fauzi Ahmad


Sumber
Prof . Dr. Endang Komara, M.Si Teori Sosiologi dan Antropologi
Selamat Triyono dan Hermanto Sosiologi kelas XI SMA/MA
Suranto, Diatmika Wijayanti, dan Widyabakti Hesti Kawedhar Sosiologi Kelas X SMA/SMA
Majalah Forest Diggest Virus Corona: Buah Manusia merusak bumi


Komentar

  1. Artikel ini membahas tentang, kehidupan sosial atau interaksi manusia. Yang meliputi kehidupan bersama, dan berlangsung dalam wadah yang disebut masyarakat.

    Masyarakat ditempatkan dalam posisi tertentu, secara bertingkat. Dan terjadi dalam bentuk startifikasi, atau perbedaan masyarakat. Yang meliputi kekayaan, kekuasaan, kehormatan, dan ilmu pengetahuan.

    Hal diatas, bisa disangkutpautkan kedalam wabah COVID-19 yang sekarang sedang merajalela. Kondisi tersebut, membuat masyarakat khawatir sebab ekonomi yang semakin menurun. Dampak nya bisa membuat kekacauan sosial, karna virus ini membatasi masyarakat dalam mencari ekonomi.

    konflik sosial antara masyarakat miskin dan masyarakat kaya, yang menjadi persoalan bagi pemerintah indonesia. Pemerintah membuat kebijakan Lockdown, jika kebijakan tersebut tidak ditangani dengan benar maka akan menimbulkan adanya chaos.

    Karna adanya wabah ini, masyarakat miskin menjadi kesulitan sedangkan masyarakat kaya, sedang berdiam diri didalam rumah tanpa harus memikirkan kesulitan luar.

    WIDI CERYA FILWAN # XI.IPS.4 # SOSIOLOGI KELAS XI

    BalasHapus
  2. Artikel ini membahas tentang, kehidupan masyarakat sosial atau interaksi manusia,jelas dalam masyarakat sosial kita harus hidup bersama dalam satu wadah.
    Dalam kehidupan atau masyarakat sosial sudah pasti mempunyai posisi yang tertentu dalam bentuk stratifikasi atau pengetahuan, kehormatan dan kekuasaan.
    Artikel diatas bisa dihubungkan kedalam wabah covid 19 yang sekarang sedang meresahkan masyarakat.Dengan ada nya covid 19 tersebut masyakarat khawatir jika ekonomi yang makin menurun.Dampaknya dapat menjadi kekacauan bagi masyarakat kaya dan miskin.
    Masalah tersebut jika tidak segera di tangani akan menimbulkan ada nya chaos.itu saja pendapat dari saya, terima kasih.

    Kokom komalasari#kelas 11 IPS 2#sosiologiXI

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Artikel ini membahas tentang kehidupan sosial dimasyarakat. Kehidupan sosial adalah interaksi individu, meliputi kehidupan bersama atau kedua-duanya itu merupakan kehidupan manusia, karena itu kehidupan sosial tidaklah statis, tetapi dipandang menurut prinsip pendekatan baru bahwa masyarakat itu sesuatu yang dinamis.

    Wabah virus covid 19 yang terjadi saat ini, membuat masyarakat mengalami kekhawatiran dalam kondisi ekonomi yang berdampak bisa menyebabkan kekacauan sosial. Seperti halnya dampak virus covid 19 yang akan menimbulkan pertentangan sosial bagi masyarakat kaya dan miskin, apabila pemerintah tidak membuat kebijakan.

    Untuk itu, sikap masyarakat dalam mengatasi pandemi virus covid 19 ini yaitu tetap tenang dan ikuti selalu aturan atau kebijakan pemerintah. Seperti saling perduli dan merangkul antara masyarakat kaya dan miskin dalam bentuk harta, ataupun berbagi pengetahuan tentang cara penanggulangan virus covid 19 supaya masyarakat tetap tenang dan jangan panik.

    Firaswanti Dwi Nanda#kelas XI ips 1#sosiologiXI

    BalasHapus
  5. Jadi kehidupan sosial antara si miskin dan s kaya gara2 Corona dan kehidupan sosial itu jadi huru hara seperti keributan, dan ada nya covid 19 tersebut khawatir ekonomi yang makin menurun dan bagi s kaya dia bisa menyetok makanan dan bagi s miskin dia kelaperan karena kehabisan makanan.
    Itu pendapat dari saya terimakasih
    #Martinah#kelas11ips4#sosiologiXI

    BalasHapus


  6. Artikel ini membahas tentang kehidupan masyarakat sosial, dalam darurat ekonomi seperti sekarang. Dalam kehidupan atau masyarakat sosial sudah pasti mempunyai posisi yang tertentu dalam bentuk startifikasi atau kehormatan dan kekuasaan. Seperti halnya dampak virus covid-19 yang akan menimbulkan pertentangan sosial bagi masyarakat kaya dan miskin, apabila pemerintah tidak membuat kebijakan. Dan masalah tersebut jika tidak segera ditangani akan menimbulkan adanya chaos.
    Dan sebab dari Covid-19 ini bisa membuat masyarakat miskin yang sudah sulit semakin sulit karena adanya lockdown untuk tidak bekerja karena adanya social distancing sedangkan masyarakat yang mempunyai uang banyak atau orang kaya hanya bisa berdiam diri di rumah.

    Putri Aulia Rukmanah#KelasXI.Ips4#SosiologiXI

    BalasHapus
  7. Artikel ini membahas tentang,

    kehidupan sosial masyarakat
    Kehidupan sosial adalah interaksi individu, meliputi kehidupan bersama atau kedua-duanya itu merupakan kehidupan manusia, karena itu kehidupan sosial tidaklah statis, tetapi dipandang menurut prinsip pendekatan baru bahwa masyarakat itu sesuatu yang dinamis. Kehidupan sosial berlangsung didalam suatu wadah yang disebut masyarakat.
    Kondi startifikasi sosial sendiri yaitu pembedaan masyarakat atau penduduk kedalam kelas-kelas secara bertingkat.di antaranya meliputi ukuran kekayaan, kekuasaan, kehormatan,ilmu pengetahuan.

    Konflik antar kelas sosial muncul Antara dua individu atau kelompok dengan starta berbeda.
    Seperti halnya dampak covid 19 yang akan menimbulkan pententangan sosial bagi masyarakat kaya dan miskin apa bila pemerintah tidak tepat membuat kebijakan.

    Wabah covid 19 ini masyarakat mengalami kekhawatiran dalam kondisi ekonomi yang carut marut karena dampaknya.
    Dampak terburuk dari virus covid 19 ini dimana pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan sosial atau bahkan yang lebih jauh yaitu lock down yang di khawatirkan jika pemerintah tidak tepat membuat kebijakan ini maka akan lahir dampak kekacauan di masyarakat yaitu chaos atau kejadian huru hara dalam masyarakat akan timbul karena yang didasari yaitu faktor ekonomi yang di butuhkan.
    Contoh nya adalah, orang yang kaya akan memborong makanan dan yang miskin akan kelaparan dan contoh lainnya adalah, orang yang kaya akan mematuhi peraturan pemerintah yaitu lock down karna ekonomi yang cukup mereka akan di rumah sedangkan kan yang miskin rela berkerja demi menafkahi anak dan istrinya dan mengorbankan nyawanya demi mendapatkan uang .

    Dari wabah covid 19 ini kita belajar secara sosial, spritual dan secara alamiah. Dimana secara sosial kita ini harus bisa saling menjaga sikap integrasi dalam masyarakat yaitu dengan cara saling menghormati, menolong dan menghargai tanpa memandang dari kelas mana dia berasal, dari suku mana, ras atau agama mana konsep multikulturalisme harus ditanamkan di tengah-tengah masyarakat supaya masyarakat ini semakin erat dalam hubungan sosial sehingga konflikpun akan jauh menghampiri jika masyarakat sudah kuat dalam integrasin.

    Dalam kehidupan sosial Kita harus hidup bersama dan bersatu.
    apalagi jika kondisi sosial sedang terjadi masalah seperti wabah covid 19 yang melanda masyarakat dunia ini perlunya kita tetap tenang dan selalu menganalisis secara bijak kondisi dan situasi lingkungan disekitar tempat kita tinggal.

    Marshya Sylvanie Putri#Kelas XI.Ips4#SosiologiXI

    BalasHapus

  8. artikel ini membahas tentang kondisi masyarakat sosial antara miskin dan kaya ,karna ada wabah ini masyarakat miskin menjadi kesulitan sedangkan yang kaya tidak kesulitan .

    Wabah virus covid 19 terjadi saat ini membuat masyarakat kekhawatir dalam kondisi ekonomi yang menyebabkan kacau , dan khawatir jika ekonomi makin menurun .
    Untuk itu masyarakat dalam mengatasi covid 19 harus ikuti aturan dan tetap tenang. Saling berbagi dan peduli satu sama lain

    Elsa wati # kelas Xl .ips 2# sosiologi Xl

    BalasHapus
  9. Salah satu persoalan pelik dalam pembangunan ekonomi suatu bangsa adalah mengatasi kesenjangan ekonomi antara orang kaya dan miskin,apalagi disaat kondisi pandemi seperti ini
    dimana yang miskin atau yang tidak bisa WFH harus tetap berkerja diluar rumah,yang bisa saja
    menularkan ke istri dan anak2nya,Di saat seperti ini pemerintah harus memberikan himbauan untuk mengunakan masker dan memakai sabun setelah beraktifitas diluar rumah guna mengurangi resiko tertular virus dan bagi masyarakat yang mempunyai ekonomi berlebih bisa saling membantu sesama ,seperti yg disampaikan oleh oleh achmad yurianto selaku juru bicara pemerintah kasus corona.
    Kuat kan integrasi antara manusia dan Tuhan dimana dalam sisi spritual perlu mendekatkan diri pada maha pencipta agar kita terhindar dari hak yang tidak diinginkan ,adalah hal yang paling penting dan utama,tetap optimis dan jaga kesehatan.ikuti himbauan, tetap tenang
    lakukan sosial distancing dan tetap santuy
    "JARAK ini bukan menghukum kita,TETAPI menjaga aku dan dirimu


    Melvin#KELAS XI IPS 4#Sosiologo XI

    BalasHapus
  10. Artikel ini membahas tentang kehidupan sosial.kehidupan bersama manusia atau suatu manusia yang hidup bersama dalam pergaulan.

    Akibat wabah covid 19 ini masyarakat mengalami kekhawatiran dalam kondisi ekonomi dan dampaknya menyebabkan kekacauan sosial dalam mencari ekonomi.
    konflik antar kelas orang miskin dan orang kaya akan menimbulkan pertentangan apabila pemerintah tidak tepat membuat kebijakan

    Bukan hanya kematian yang di sebabkan oleh virus covid 19 ini akan tetapi muncul sebuah suicide yaitu dimana kondisi masyarakat terserang psikologinya.

    Untuk menghadapi pandemi covid 19 ini masyarakat harus tetap tenang dan ikuti selalu semua kebijakan pemerintah,kuatkan nilai persatuan secara sosial yaitu saling peduli dan merangkul satu sama lain.

    Sindi ayu lestari#Kelas XI.IPS4#SosiologiXI

    BalasHapus
  11. zqQA . Mm
    wabah covid 19 ini masyarakat mengalami kekhawatiran dalam kondisi ekonomi yang carut marut karena dampaknya bisa menyebakan kekacauan sosial dimana Virus ini membatasi masyarakat dalam mencari ekonomi. Pertengan dua kelas miskin dan kaya ini selalu menyebabkan konflik sosial dimasyarakat jauh sebelum Covid 19 menjadi wabah dinegeri ini pertentangan kelas menjadi persoalan bagi pemerintah Indonesia. Sering faktor tingkatan secara startifikasi yang di golongkan dalam bentuk kekayaan menjadi dominasi terhadap masyarakat miskin, secara sosial kehidupan masyarakat menengah kebawah ini selalu dimonopoli bahkan tak jarang sering kali mengalami kesulitan. Dampak terburuk dari virus Covid 19 ini dimana pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan sosial atau bahkan yang lebih jauh yaitu lockdown yang dikhawatirkan jika pemerintah tidak tepat mebuat kebijakan ini maka akan lahir dampak kekacauan dimasyarakat yaitu chaos atau kejadian huru-hara dalam masyarakat akan timbul karena yang didasari yaitu faktor ekonomi yang dibutuhkan.


    Nama: Nurlaela sari
    Kelas:XI IPS 3

    BalasHapus


  12. Artikel ini membahs tentang proses kehidupan sosial marsyarakat kehidupan sosial adalah interaksi kehidupan individu, meliputi kehidupan bersama atau keduaduanya itu merupakan kehidupan manusia karna itu kehidupan sosial tidaklah statis tetapi di pandang menurut prinsip pendekatan baru bahwa masyarakat itu sesuatu yg dinamis. Kehidupan sosial berlangsung di dalam suatu wadah yg di sebut masyarakat demikian juga dengan yg lain-lain kondisi ini terjadi dalam bentuk startivikasi.
    Startivikasi sosial sendiri yaitu pembedaan masyarakat atau penduduk kedalam kelas-kelas secara bertingkat. Di antaranya meliputi ukuran kekayaan, kekuasaan, kehormatan, dan ilmu pengetahuan.
    Wabah covid-19 ini masyarakat mengalami kekhawatiran dalam kondisi ekonomi yg carut marut karena dampaknya bisa menyebabkan kekacauan sosial dimana virus ini membatasi masyarakat dalam mencari ekonomi. Dampak terburuk dari covid-19 ini di mana pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan sosial atau bahkan yg lebih jauh yaitu lock down yg di khawatirkan jika pemerintan tidak tepat membuat kebijakan ini maka akan lahir dampak kekacauan di masyarakat yaitu chaos atau kejadian hura-hura dalam masyarakat akan timbul yg di dasari yaitu faktor ekonomi yg di butuhkan.
    Dari wabah covid-19 ini kita belajar secara sosial, spiritual, dan secara alamiah. Di mana secara sosial ini kita ini harus bisa saling menjaga sikap integrasi dalam masyarakat yaitu dengan cara saling menghormati, menolong, dan menghargai dari mana dia berasal. Dari hal ini kita harus belajar di bumi ini kita harus menjaga alam ini maka tak perlu menunggu virus baru untuk membuat kita sadar telah melukai alam dengan segala keserakahan kita seperti kata Mahatma Gandhi."bumi cukup menyediakan kebutuhan kita tapi tak akan sanggup memenuhi keserakahan manusia."

    Ayu latifah sari#kelas Xl.IPS.1#SosiologiXl

    BalasHapus
  13. wabah covid 19 ini masyarakat mengalami kekhawatiran dalam kondisi ekonomi yang carut marut karena dampaknya bisa menyebakan kekacauan sosial dimana Virus ini membatasi masyarakat dalam mencari ekonomi. Pertengan dua kelas miskin dan kaya ini selalu menyebabkan konflik sosial dimasyarakat jauh sebelum Covid 19 menjadi wabah dinegeri ini pertentangan kelas menjadi persoalan bagi pemerintah Indonesia. Sering faktor tingkatan secara startifikasi yang di golongkan dalam bentuk kekayaan menjadi dominasi terhadap masyarakat miskin, secara sosial kehidupan masyarakat menengah kebawah ini selalu dimonopoli bahkan tak jarang sering kali mengalami kesulitan. Dampak terburuk dari virus Covid 19 ini dimana pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan sosial atau bahkan yang lebih jauh yaitu lockdown yang dikhawatirkan jika pemerintah tidak tepat mebuat kebijakan ini maka akan lahir dampak kekacauan dimasyarakat yaitu chaos atau kejadian huru-hara dalam masyarakat akan timbul karena yang didasari yaitu faktor ekonomi yang dibutuhkan.
    Konflik antar kelas sosial muncul antara dua individu atau kelompok dengan starta berbeda .

    Nama: Nurlaela sari
    Kelas:XI IPS 3

    BalasHapus


  14. Artikel ini membahs tentang proses kehidupan sosial marsyarakat kehidupan sosial adalah interaksi kehidupan individu, meliputi kehidupan bersama atau keduaduanya itu merupakan kehidupan manusia karna itu kehidupan sosial tidaklah statis tetapi di pandang menurut prinsip pendekatan baru bahwa masyarakat itu sesuatu yg dinamis. Kehidupan sosial berlangsung di dalam suatu wadah yg di sebut masyarakat demikian juga dengan yg lain-lain kondisi ini terjadi dalam bentuk startivikasi.
    Startivikasi sosial sendiri yaitu pembedaan masyarakat atau penduduk kedalam kelas-kelas secara bertingkat. Di antaranya meliputi ukuran kekayaan, kekuasaan, kehormatan, dan ilmu pengetahuan.
    Wabah covid-19 ini masyarakat mengalami kekhawatiran dalam kondisi ekonomi yg carut marut karena dampaknya bisa menyebabkan kekacauan sosial dimana virus ini membatasi masyarakat dalam mencari ekonomi. Dampak terburuk dari covid-19 ini di mana pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan sosial atau bahkan yg lebih jauh yaitu lock down yg di khawatirkan jika pemerintan tidak tepat membuat kebijakan ini maka akan lahir dampak kekacauan di masyarakat yaitu chaos atau kejadian hura-hura dalam masyarakat akan timbul yg di dasari yaitu faktor ekonomi yg di butuhkan.
    Dari wabah covid-19 ini kita belajar secara sosial, spiritual, dan secara alamiah. Di mana secara sosial ini kita ini harus bisa saling menjaga sikap integrasi dalam masyarakat yaitu dengan cara saling menghormati, menolong, dan menghargai dari mana dia berasal. Dari hal ini kita harus belajar di bumi ini kita harus menjaga alam ini maka tak perlu menunggu virus baru untuk membuat kita sadar telah melukai alam dengan segala keserakahan kita seperti kata Mahatma Gandhi."bumi cukup menyediakan kebutuhan kita tapi tak akan sanggup memenuhi keserakahan manusia."

    Ayu latifah sari#kelas Xl.IPS.1#SosiologiXl

    BalasHapus

  15. Artikel ini membahas tentang,kehidupan sosial adalah interaksi individu yang meliputi kehidupan bersama,dan kehidupan sosial berlangsung di dalam suatu wadah yang di sebut masyarakat.pada saat ini sedang terjadi adanya wabah virus covid-19 oleh karena itu masyarakat sangat khawatir pada kondisi ekonomi yang akan menyebabkan kekacauan sosial.karena dengan adanya virus ini masyarakat harus membatasi diri dalam mencarai ekonomi dan akan adanya pertentangan sosial anatara masyarakat kaya dan miskin apabila pemerintah tidak tepat membuat kebijakan.pada saat ini sikap masyarakat harus tetap tenang dan selalu mengikuti aturan pemerintah,dan saling perduli antara masyarakat kaya dan miskin.

    Husnul hotimah#kelas X1.IPS.1#SOSIOLOGIX1

    BalasHapus
  16. Artikel ini membahas tentang,

    kehidupan sosial masyarakat
    Kehidupan sosial adalah interaksi individu, meliputi kehidupan bersama atau kedua-duanya itu merupakan kehidupan manusia, karena itu kehidupan sosial tidaklah statis, tetapi dipandang menurut prinsip pendekatan baru bahwa masyarakat itu sesuatu yang dinamis. Kehidupan sosial berlangsung didalam suatu wadah yang disebut masyarakat.
    Kondi startifikasi sosial sendiri yaitu pembedaan masyarakat atau penduduk kedalam kelas-kelas secara bertingkat.di antaranya meliputi ukuran kekayaan, kekuasaan, kehormatan,ilmu pengetahuan.

    Konflik antar kelas sosial muncul Antara dua individu atau kelompok dengan starta berbeda.
    Seperti halnya dampak covid 19 yang akan menimbulkan pententangan sosial bagi masyarakat kaya dan miskin apa bila pemerintah tidak tepat membuat kebijakan.

    Wabah covid 19 ini masyarakat mengalami kekhawatiran dalam kondisi ekonomi yang carut marut karena dampaknya.
    Dampak terburuk dari virus covid 19 ini dimana pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan sosial atau bahkan yang lebih jauh yaitu lock down yang di khawatirkan jika pemerintah tidak tepat membuat kebijakan ini maka akan lahir dampak kekacauan di masyarakat yaitu chaos atau kejadian huru hara dalam masyarakat akan timbul karena yang didasari yaitu faktor ekonomi yang di butuhkan.
    Contoh nya adalah, orang yang kaya akan memborong makanan dan yang miskin akan kelaparan dan contoh lainnya adalah, orang yang kaya akan mematuhi peraturan pemerintah yaitu lock down karna ekonomi yang cukup mereka akan di rumah sedangkan kan yang miskin rela berkerja demi menafkahi anak dan istrinya dan mengorbankan nyawanya demi mendapatkan uang .

    Dari wabah covid 19 ini kita belajar secara sosial, spritual dan secara alamiah. Dimana secara sosial kita ini harus bisa saling menjaga sikap integrasi dalam masyarakat yaitu dengan cara saling menghormati, menolong dan menghargai tanpa memandang dari kelas mana dia berasal, dari suku mana, ras atau agama mana konsep multikulturalisme harus ditanamkan di tengah-tengah masyarakat supaya masyarakat ini semakin erat dalam hubungan sosial sehingga konflikpun akan jauh menghampiri jika masyarakat sudah kuat dalam integrasin.

    Dalam kehidupan sosial Kita harus hidup bersama dan bersatu.
    apalagi jika kondisi sosial sedang terjadi masalah seperti wabah covid 19 yang melanda masyarakat dunia ini perlunya kita tetap tenang dan selalu menganalisis secara bijak kondisi dan situasi lingkungan disekitar tempat kita tinggal.

    Eka aprianti#Kelas XI.ips4#SosiologiXI

    BalasHapus

  17. Pembahasan artikel ini yaitu membahas adanya konsep di dalam mesyarakat dan kehidupan sosial dalam masyarakat. Yang di dalamnya terdapat unsur kehidupan terbentuknya suatu hubungan sosial yang terjalin atau mencangkup dalam kehidupan sosial di masyarakat sekitar ataupun di luar, hidup bersosialisa dan saling membantu.
    Seperti interaksi individu yang meliputi kehidupan bersama atau keduanya, atau kehidupan di dalamnya terdapat unsur kemasyarakatan atau orang di sekitarnya. Seperti hubungan sosialisasi yang baik antara individu yang satu dengan lainnya sangat penting dalam menciptakan kehidupan masyarakat sosial yang teratur.
    Hal ini bisa menyangkut dalam sebuah wabah COVID-19. Dampak buruknya dimana pemerintah menerapkan lockdown untuk kebijakan pembatasan sosial yang dapat menghawatirkan pemerintah tidak tepat dalam melakukan kebijakan. Serta adanya chaos yang dimana dampak kekacauan masyarakat akan mengalami kekhawatiran dalam kondisi ekonomi yang carut marut karena berdampak akan menyebabkan kekacauan. Dan dimana virus dapat membatasi masyarakat dalam mencari ekonomi, sehingga masyarakat akan menimbulkan cek cok antara masyarakat kaya dan miskin.
    Menurut saya seharusnya mereka saling peduli serta merangkul dalam bentuk harta maupun pengetahuan tentang penanggulangan COVID-19. Yang dimana dapat mematikan atau dapat menyebabkan luka permanen. Maka harus ada kewaspadaan dan kerjasama yang baik antara masyarakat kaya dan masyarakat miskin selama beraktivitas di dalam lingkungan masyarakat.

    Mita sari#kelas X1.IPS.1#SOSIOLOGIX1

    BalasHapus
  18. ARTIKEL diatas membahas tentang Kehidupan sosial adalah suatu sistem berpengaruh dalam unsur-unsur yang saling berhubungan , pengaruh-mempengaruhi yang berada dalam suatu kesatuan yang dimaksud dengan bagian atau unsur-unsur kehidupan sosial yang lazim disebut masyarakat .
    Dan dalam wabah covid ini kami masyarakat mengalami kekhawatiran dalam ekonomi ataupun sosial , karena dalam pandemi ini kami dalam ancaman penyakit dan juga ancaman ekonomi ketika diloloskannya libur dan lockdown . Mungkin bagi masyarakat yang berkebutuhan ia akan welcome namun masyarakat yang kurang berkebutuhan akan mengalami kesusahan yang lebih parah . Dan Alhamdulillah nya pemerintah sudah menangani ekonomi masyarakat diganti dengan adanya program sumbagan/bantuan untuk warga yang kurang berkebutuhan , walau masih dalam proses. Semoga wabah ini cepat berlalu , agar kami semua terjaga bahkan negara ini .
    Siti Nurranti #XI.Ips3 #SosiologiXI

    BalasHapus
  19. ARTIKEL diatas membahas tentang Kehidupan sosial adalah suatu sistem berpengaruh dalam unsur-unsur yang saling berhubungan , pengaruh-mempengaruhi yang berada dalam suatu kesatuan yang dimaksud dengan bagian atau unsur-unsur kehidupan sosial yang lazim disebut masyarakat .
    Dan dalam wabah covid ini kami masyarakat mengalami kekhawatiran dalam ekonomi ataupun sosial , karena dalam pandemi ini kami dalam ancaman penyakit dan juga ancaman ekonomi ketika diloloskannya libur dan lockdown . Mungkin bagi masyarakat yang berkebutuhan ia akan welcome namun masyarakat yang kurang berkebutuhan akan mengalami kesusahan yang lebih parah . Dan Alhamdulillah nya pemerintah sudah menangani ekonomi masyarakat diganti dengan adanya program sumbagan/bantuan untuk warga yang kurang berkebutuhan , walau masih dalam proses. Semoga wabah ini cepat berlalu , agar kami semua terjaga bahkan negara ini .
    Siti Nurranti #XI.Ips3 #SosiologiXI

    BalasHapus

  20. Setelah saya membaca artikel tersebut artikel ini membahas tentang. Kehidupan sosial masyarakat, kehidupan sosial merupakan interaksi individu, meliputi kehidupan bersama atau kedua-duanya itu merupakan kehidupan manusia, karena itu kehidupan sosial tidaklah statis, tetapi dipandang menurut prinsip pendekatan baru bahwa masyarakat itu sesuatu yang dinamis. Menurut konsep sistem sosial, kehidupan sosial itu harus dipandang sebagai suatu sistem yaitu sistem sosial, yakni suatu totalitas dri bagian-bagian atau unsur-unsur yang saling berhubungan, pengaruh-mempengaruhi yang berada dalam suatu kesatuan.

    Dengan adanya dampak wabah Covid 19 ini masyarakat mengalami kekhawatiran dalam kondisi ekonomi yang carut marut karena dampaknya bisa menyebakan kekacauan sosial dimana Virus ini membatasi masyarakat dalam mencari ekonomi. Pertentangan dua kelas miskin dan kaya ini selalu menyebabkan konflik sosial dimasyarakat jauh sebelum Covid 19 menjadi wabah dinegeri ini pertentangan kelas menjadi persoalan bagi pemerintah Indonesia.

    dampak covid 19 yang akan menimbulkan pertentangan sosial bagi masyarakat kaya dan miskin apabila pemerintah tidak tepat membuat kebijakan. Jika hal ini terus dibiarkan maka revolusi sosial akan terjadi dampaknya akan meluas dimasyarakat yaitu perubahan masyarakat dimana para kelas bawah akan melakukan reformasi sosial di tengah-tengah wabah yang berlangsung. Konflik antar kelas sosial muncul antara dua individu atau kelompok dengan starta berbeda Seperti halnya dampak covid 19 yang akan menimbulkan pertentangan sosial bagi masyarakat kaya dan miskin apabila pemerintah tidak tepat membuat kebijakan. Jika hal ini terus dibiarkan maka revolusi sosial akan terjadi dampaknya akan meluas dimasyarakat yaitu perubahan masyarakat dimana para kelas bawah akan melakukan reformasi sosial di tengah-tengah wabah yang berlangsung.

    Untuk itu bagaimana sikap masyarakat dalam mengatasi pandemi cobid 19 ini yaitu tetap tenang dan ikuti selalu aturan atau kebijakan pemerintah, kuatkan lagi nilai persatuan secara sosial yaitu saling perduli dan merangkul antara masyarakat kaya dan miskin dalam bentuk harta ataupun berbagi pengetahuan tentang cara penanggulangi covid 19 supaya masyarakat tetap tenang dan jangan panik . Kuat kan integrasi antara manusia dan Tuhan dimana dalam sisi spritual perlu mendekatkan diri pada maha pencipta agar kita terhindar dari hak yang tidak diinginkan dalam bentuk perwujudan beribadah berdoa bersama-sama untuk memerkuat diri dan menanamkan jiwa spritual yang kuat pada diri masing-masing agar terciptanya benteng rohani yang percaya akan hukum Tuhan.

    Kita lihat dalam konteks al-quran bagaimana secara islami manusia sering kali merusak tanpa ia sadari yang sudah diterangkan dalam al-quran surat a-ruum ayat 41
    Dari sini kita bisa merenungi bagaimana arti dari surat a-ruum ayat 41 ini menjelaskan kerusakan yang disebabkan oleh manusia tanpa sadar manusia ini sering kali menimbulkan masalah untuk dirinya sendiri dengan cara mengexploitasi alam yang berlebihan sehingga terkadang teguran sang maha kuasa itu hadir lewat bencana untuk menyadarkan manusia.

    Untuk itu dengan adanya wabah covid 19 ini kita dapat belajar bahwa sebagai umat manusia harus sealalu peduli terhadap lingkungan, saling menghormati sesama manusia dan jangan menbeda bedakan antara si kaya dan si miskin, dan merangkul demi terciptanya kebersamaan, dan kenyamanan hidup di dunia.

    Nafisah intishar#kelas X1.IPS.2#SOSIOLOGIX1

    BalasHapus



  21. Artikel di atas membahas atau menjelaskan tentang konsep masyarakat indonesia .pada masa kolonial , modernisasi,interaksi indi vidu ,konsep sosial, kehidupan sosial, kondisi tentang statifikasi.

    Wabah covid 19 menyebabkan kekacauan sosial dan dampak terburuk dari pandemin covid 19 adalah di akannya lockdown sedangkan lockdown sangat berpengaruh terhadap perekonomian dan akan menimbulkan konflik sosial .
    Sikap masyarakat harus tenang dalam menghadapi pandemik covid 19.

    Ekayanti#Xi.ips.4#SOSIOLOGI.XI

    BalasHapus
  22. artikel ini membahas tentang,kehidupan sosial masyarakat,kehidupan sosial merupakan interaksi individu,meliputi kehidupan bersama.Orang-orang yang bermasalah mental lebih awal diketahuinya, seyogyanya segera memberikan perhatian dan tindak lanjut secara konsisten.

    Orangtua yang sudah memiliki pengalaman menghadapi pandemik biasanya cenderung tidak terlalu mengalami persoalan psikologis. Walaupun demikian kondisi badan tetap harus dijaga secara ajeg, apalagi sebaran virus ini sulit diketahui. Dalam situasi seperti ini, para ahli perlu hadirkan alternatif solusi untik memberikan layanan yang memuaskan dengan membuat pengingat atau pedoman sederhana yang mudah diakses oleh orang awam.

    Dengan semakin banyak negara di dunia, dan semakin banyak provinsi yang menetapkan lock down, maka secara tidak langsung menimbulkan kecemasan. Karena itu, kita secara pribadi, kolektif atau institusional perlu bersikap dengan cepat dan bijak untuk menenangkan hati kita.

    Di samping itu, secara personal bahwa pendekatan agama Insya Allah bisa membantu menenangkan hati kita. Ingat bahwa dzikir itu bisa menenangkan hati. ‘Alaa bidzirillahi tathmainnul quluub”, yang selanjutnya bisa diikuti dengan tawakkal ‘alallaah”. Semoga kita semua terhindar dari COVID-19 (*)

    Robiatul adawiyah#kelas XI IPS.2#SOSIOLOGI XI

    BalasHapus
  23. Artikel di atas membahas atau menjelaskan tentang kehidupan masyarakat antara masyarakat miskin dan masyarakat kaya kalo masyarakat kaya gara gara lock down dia bisa menyetok makanan dengan banyak dan happy happy dan kalo masyarakat miskin dia bisa kelaparan karena ada wabah ini masyarakat miskin jadi kesulitan sedangkan yang kaya tidak kesulitan

    BalasHapus
  24. artikel ini membahas tentang. Kehidupan sosial masyarakat, kehidupan sosial merupakan interaksi individu, meliputi kehidupan bersama atau kedua-duanya itu merupakan kehidupan manusia, karena itu kehidupan sosial tidaklah statis, tetapi dipandang menurut prinsip pendekatan baru bahwa masyarakat itu sesuatu yang dinamis. Yang harus dipandang sebagai sistem sosial.Yakni suatu totalitas dari bagian unsur yang berada dalam suatu kesatuan.

    Wabah covid 19ini yang banyak mengalami kekhawatiran dalam kondisi ekonomi dimana virus ini membatasi masyarakat dalam mencari ekonomi,yang sering terjadi faktor tingkatan secara startifikasi yang berdominan masyarakat miskin,yang menjadi dampak terburuk dari virus covid 19.

    Nama:Sri Hermalia Putri#XI Ips 4#Sosiologi XI

    BalasHapus
  25. Artikel ini membahas tentang,kehidupan sosial masyarakat, kehidupan sosial masyarakat adalah interaksi individu, meliputi kehidupan bersama kedua-duanya itu merupakan kehidupan manusia, karena itu kehidupan sosial tidaklah statis, tetapi dipandang menurut prinsip pendekatan baru bahwa masyarakat itu suatu yang dinamis.

    Wabah covid 19 menyebabkan kekacauan sosial dan dampak terburuk dari pandemin covid 19 adalah di akannya lockdown sedangkan lockdown sangat berpengaruh terhadap perekonomian dan akan menimbulkan konflik sosial.

    BalasHapus
  26. Artikel ini membahas tentang
    Kehidupan sosial adalah interaksi individu, meliputi kehidupan bersama atau kedua-duanya itu merupakan kehidupan manusia, karena itu kehidupan sosial tidaklah statis, tetapi dipandang menurut prinsip pendekatan baru bahwa masyarakat itu sesuatu yang dinamis. Kehidupan sosial berlangsung didalam suatu wadah yang disebut masyarakat. Menurut konsep sistem sosial, kehidupan sosial itu harus dipandang sebagai suatu sistem yaitu sistem sosial, yakni suatu totalitas dri bagian-bagian atau unsur-unsur yang saling berhubungan, pengaruh-mempengaruhi yang berada dalam suatu kesatuan. Sudah tentu yang dimaksud dengan bagian atau unsur itu ialah unsur-unsur dari kehidupan sosial yang lazim disebut masyarakat . Apabila kehidupan sosial atau masyarakat pun dapat disebut sistem sosial. Kehidupan sosial ialah kehidupan bersama manusia, atau kesatuan manusia yang hidup bersama dalam pergaulan , sehingga kehidupan sosial menurut Firth ( Komara,1998:12) di tandai oleh : (1) adanya manusia hidup bersama ; (2) manusia tersebut bergaul dan hidup bersama dalam waktu yang lama dan terjadi adaptasi dan perorganisasian perilaku yang munculnya suatu perasaan sebagai kesatuan; (3) adanya kesadaran bahwa mereka merupakan kesatuan dan akhirnya menjadi ; (4) sistem kehidupan bersamDalam setiap masyarakat ada sesuatu yang paling tinggi, paling berharga, paling memiliki nilai, dan nilai-nilai lainnya. Hal tersebut menjadikan masyarakat berada dalam posisi-posisi tertentu sesuai dengan hal itu. Jika suatu masyarakat menganggap tanah sebagai sesuatu paling tinggi nilainya, maka siapa siapa yang memiliki tanah yang paling banyak atau luas berarti berada pada urutan paling atas dalam masyarakat. Jika dalam masyarakat yang paling berharga adalah harta, maka siapa saja yang hartanya paling banyak berarti dia menempati urutan paling atas, demikian juga dengan yang lain-lain.

    BalasHapus
  27. Artikel ini membahas tentang
    Kehidupan sosial adalah interaksi individu, meliputi kehidupan bersama atau kedua-duanya itu merupakan kehidupan manusia, karena itu kehidupan sosial tidaklah statis, tetapi dipandang menurut prinsip pendekatan baru bahwa masyarakat itu sesuatu yang dinamis. Kehidupan sosial berlangsung didalam suatu wadah yang disebut masyarakat. Menurut konsep sistem sosial, kehidupan sosial itu harus dipandang sebagai suatu sistem yaitu sistem sosial, yakni suatu totalitas dri bagian-bagian atau unsur-unsur yang saling berhubungan, pengaruh-mempengaruhi yang berada dalam suatu kesatuan. Sudah tentu yang dimaksud dengan bagian atau unsur itu ialah unsur-unsur dari kehidupan sosial yang lazim disebut masyarakat . Apabila kehidupan sosial atau masyarakat pun dapat disebut sistem sosial. Kehidupan sosial ialah kehidupan bersama manusia, atau kesatuan manusia yang hidup bersama dalam pergaulan , sehingga kehidupan sosial menurut Firth ( Komara,1998:12) di tandai oleh : (1) adanya manusia hidup bersama ; (2) manusia tersebut bergaul dan hidup bersama dalam waktu yang lama dan terjadi adaptasi dan perorganisasian perilaku yang munculnya suatu perasaan sebagai kesatuan; (3) adanya kesadaran bahwa mereka merupakan kesatuan dan akhirnya menjadi ; (4) sistem kehidupan bersamDalam setiap masyarakat ada sesuatu yang paling tinggi, paling berharga, paling memiliki nilai, dan nilai-nilai lainnya. Hal tersebut menjadikan masyarakat berada dalam posisi-posisi tertentu sesuai dengan hal itu. Jika suatu masyarakat menganggap tanah sebagai sesuatu paling tinggi nilainya, maka siapa siapa yang memiliki tanah yang paling banyak atau luas berarti berada pada urutan paling atas dalam masyarakat. Jika dalam masyarakat yang paling berharga adalah harta, maka siapa saja yang hartanya paling banyak berarti dia menempati urutan paling atas, demikian juga dengan yang lain-lain.

    Herniah#XI ips 2#Sosiologi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer